2.3 Komponen - komponen pada Information Technology Infrastructure Library
Service Support
Service
support membahas tentang proses dan komponen dalam operasional IT sehari hari
seperti Incident Management, Problem Management, Change Management,
Configuration Management dan Release Management. Pada dasarnya service support
menjelaskan proses support dari IT untuk operasional sehari-hari, bagaimana
cara menangani suatu incident sebelum akhirnya masuk ke dalam problem
management. Setiap komponen dari proses pada IT service management mempunyai
peran masing-masing diantaranya adalah :
§ Service desk sebagai single point of
contact.
§ Release Management dalam melakukan
testing suatu teknologi baru sebelum diimplementasi.
§ Build knowledge based untuk membantu
mempercepat penyelesaian suatu incident.
Service Delivery
Komponen-komponen
dari Service Delivery ini adalah Financial Management for IT Services,
Availability Management, Capacitiy Management, IT Service Continuity
Management, Service Level Management. Service Delivery ini merupakan tactical
proses artinya untuk mendukung bisnis dari sisi IT Service Management dalam
jangka panjang bukan untuk operasional yang dilakukan setiap hari.
Contohnya
dalam bagian IT Service Continuity Management, misalnya dilakukannya service
level agreement (SLA), melakukan Risk Management berfungsi untuk mengetahui dan
dapat mengidentifikasi bentuk resiko, menentukan tingkat resiko yang akan
terjadi, untuk mengetahui asset mana saja yang mempunyai resiko, dsbnya. ITIL
memberikan dasar dan konsep IT sebagai bagian dari service ke customer atau
user, bagaimana proses yang baik antara satu entity dengan entity lainnya.
Sumber: http://www.dicsr-qnt.com/2016/04/information-technology-infrastructure.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar