Budaya Perusahaan dan Nilai -Nilai dari PT. Bank Negara Indonesia, Tbk
Budaya Kerja BNI “Prinsip 46” merupakan Tuntutan Perilaku Insan BNI,
terdiri dari:
4 (empat) Nilai Budaya Kerja
1. Profesionalisme.
2. Integritas.
3. Orientasi Pelanggan.
4. Perbaikan Tiada Henti.
6 (Enam) Nilai Perilaku Utama Insan BNI
1. Meningkatkan Kompetensi dan Memberikan Hasil Terbaik.
2. Jujur, Tulus dan Ikhlas.
3. Disiplin, Konsisten dan Bertanggungjawab.
4. Memberikan Layanan Terbaik Melelui Kemitraan yang Sinergis.
5. Senantiasa Melakukan Penyempurnaan.
6. Kreatif dan Inovatif.
BNI selalu percaya bahwa pegawai merupakan
salah satu aset paling berharga bagi organisasi dan perusahaan manapun.
Keberlanjutan tidak akan mungkin dicapai tanpa andil dari pegawai. BNI pun
berusaha menciptakan kondisi dan pengalaman bekerja terbaik untuk seluruh
pegawai. BNI menginginkan setiap pegawai merasa bangga menjadi bagian dari
keluarga BNI serta dapat berkarya dan menorehkan prestasi bersama. Tentunya,
tanpa dedikasi dan kerja keras seluruh pegawai.
BNI tidak akan mungkin tumbuh dengan baik dan
mencapai keberlanjutan. budaya kerja pada tiap perusahaan memiliki tujuan untuk
mengubah sikap dan juga perilaku SDM yang ada agar dapat meningkatkan
produktivitas kerja untuk menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan
datang, dengan adanya budaya kerja maka SDM suatu perusahaan akan semakin baik
dan memiliki sifat gotong royong terhadap sesama, meningkatkan rasa
kekeluargaan antar karyawan dan meningkatkan produktivitas karyawan.
Bank BNI memiliki 4 nilai budaya kerja
seperti Profesionalisme, integritas, orientasi pelanggan, dan perbaikan tiada
henti.
dengan memiliki 6 (Enam) Nilai Perilaku Utama Insan BNI, yaitu:
· Meningkatkan Kompetensi dan Memberikan Hasil
Terbaik
· Jujur, Tulus dan Ikhlas
· Disiplin, Konsisten dan Bertanggungjawab
· Memberikan Layanan Terbaik Melalui Kemitraan yang
Sinergis
· Senantiasa Melakukan Penyempurnaan
· Kreatif dan Inovatif
Dengan begitu Bank BNI selalu ingin
memberikan yang terbaik untuk para nasabahnya dan selalu menginginkan Insan BNI
memiliki sifat nilai-nilai budaya kerja. agar dapat menjadi Insan yang dapat
menghadapi tantangan dimasa yang akan datang.
· Kesempatan Bekerja yang Adil dan Merata
Sebagai salah satu bank nasional terbesar di
Indonesia, kehadiran BNI memberikan manfaat bagi masyarakat dalam menciptakan
lapangan kerja. Kesempatan bekerja terbuka bagi siapapun yang indin bergabung
dengan BNI. BNI juga memiliki kebijakan yang memastikan bahwa setiap pegawai
dan calon pegawai diperlakukan dengan adil dan penuh rasa hormat tanpa melihat
perbedaan usia, ras, agama, keyakinan, jenis kelamin, hingga kondisi fisik. BNI
bahkan menentang segala bentuk diskriminasi dan memegang prinsip kemanusiaan
serta menghormati hak asasi manusia dalam pengelolaan sumber daya manusia.
Berkat kebijakan tersebut, BNI tidak menemukan atau menerima pengaduan terkait
tindakan diskriminasi.
· Budaya Kerja Insan BNI
BNI memiliki budaya kerja yakni prinsip yang
diyakini dan menjadi landasan berbagai kebijakan pengelolaan Sumber Daya
Manusia (SDM) serta menjadi panduan perilaku untuk setiap insan BNI. Budaya
kerja ini dikenal dengan PRINSIP 46. Seluruh insan BNI mulai dari jajaran komisaris,
direksi, hingga pegawai di lini terdepat termasuk pegawai rekanan di BNI wajib
mematuhi perilaku dan tata nilai budaya kerja ini.
PRINSIP 46 terdiri dari empat nilai utama dan
enam perilaku utama Insan BNI yang cliharapkan dapat dipahami sebagai pokok
dasar berpikir dan bersikap setiap Insan BNI dalam setiap aktivitas
pekerjaannya.
BNI percaya melalui implementasi budaya kerja
ini, BNI mampu mewujuclkan visi untuk "Menjacii Bank kebanggaan nasional
yang unggul, terkemuka dan terdepan dalam layanan dan kinerja." Maka itu,
sosialisasi budaya kerja terus dilakukan kepada setiap pegawai. BNI ingin
memastikan setiap insan BNI memiliki pemahaman dan semangat yang sama untuk
memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pemangku kepentingan. Sosialisasi
budaya kerja dilakukan kepada setiap pegawai yang baru bergabung menjadi bagian
dari Insan BNI melalui program induksi baik untuk jenjang fresh graduate maupun
experience hire.
· Profil dan Distribusi Pegawai
Hingga akhir tahun 2014, jumlah pegawai BNI
berjumlah 26.536 prang yang tersebar di KantorPusat Jakarta dan 15 wilayah
operasional BNI di seluruh Indonesia, serta enam cabang BNI di luar
negeri. Untuk efisiensi dan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan di
seluruh wilayah Indonesia, BNI berusaha memperkerjakan pegawai setempat
yang berasal dari wilayah operasional setempat. Seluruh pegawai BNI
direkrut secara lokal di masing-masing wilayah operasional. BNI percaya
bahwa hal ini tidak hanya dapat membantu perekonomian dan pembangunan
daerah dengan penciptaan lapangan kerja, tetapi juga akan membantu
BNI dalam mernahami budaya, local wisdom dan kebutuhan pelanggan lokal.
· Merekrut Talenta Baru
Sebagai proses keberlanjutan perusahaan, BNI
tak lupa untuk merekrut pegawai baru yang diprioritaskan memenuhi gap capacity
terkait pembukaan outlet dan target ekspansi bisnis.
Pada 2014, BNI telah melakukan beberapa
inisiatif untuk meningkatkan efektivitas dari proses rekrutmen sebagai bagian
dari strategi dalam memastik.an man-power sustainability. Beberapa clan
inisiatif tersebut adalah:
1. Memanfaatkan jaringan media sosial untuk
mendapatkan calon pegawai potensial melalui kerjasama dengan situs Linked-in
serta media sosial lainnya.
2. Peningkatan penggunaan teknologi melalui
e-recruitment dan optimalisasi keikutsertaan job fair untuk menjaring
calon pegawai bertalenta.
3. Mengadakan rekrutmen tenaga lokal melalui
Officer Development Program (ODP) Lokal dengan desentralisasi pelatihan di
Kantor Wilayah dalam rangka memberdayakan dan mengembangkan kondisi ekonomi,
sosial dan lingkungan masyarakat sekitar serta optimalisasi penyerapan tenaga
kerja di daerah.
4. Melanjutkan pemberian beasiswa dengan pola
ikatan dinas melalui Early Recruitment Program bagi 24 Perguruan Tinggi
terpilih.
5. Perluasan sourcing channel dengan memanfaatkan channel/outlet BNI di
luar negeri untuk mendapatkan calon kandidat Warga Negara Indonesia (VVNI)
lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri.
6. Melaksanakan survei Employee Value
Proposition (EVP) sebagai salah satu input untuk meningkatkan efelctivitas
sistem rekrutmen, menggali faktor-falctor attractiveness BNI sekaligus
meningkatkan corporate brand image BNI di mats pars pencari kerja.
Demi stabilitas kondisi kerja, BNI menyadari
rasio turnover pegawai harus diminimalisir. BNI telah menetapkan rasio turnover
pegawai pada tahun 2014 harus dibawah 5%. Hingga akhir tahun 2014, jumlah
pegawai yang mengundurkan did adalah 850 orang atau 3,24% dari total pegawai
BNI. Dengan memperhitungkan karyawan yang mengundurkan diri, diberhentikan, dan
pensiun, maka turnover karyawan BNI adalah 4,73% dari total karyawan atau 1.243
°rano.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar